Penting Buat Yang Doyan Pakai High Heels

05:05 0 Comments A+ a-

Vemale.com - Melihat para wanita melenggang di atas high heels di mall atau di film-film, sepertinya mudah ya. Mereka terlihat anggun dengan balutan sepatu yang terkadang menimbulkan rasa khawatir akan jatuh.
Selain itu, banyak pula yang pernah membahas bahaya high heels, tetapi kok tampaknya para wanita justru makin nyaman, dan banyak yang pakai high heels ya?
Memang banyak laporan gangguan kesehatan kaki wanita yang ternyata disebabkan oleh high heels. Pun demikian, hal ini tak pernah membatasi wanita untuk tetap membeli dan memakai high heels. Jadi, ketimbang berdebat tanpa ujung dan menimbulkan pertikaian, lebih baik ketahui saja dos and dont's ketika memakai high heels. Sepertinya ini solusi yang terbaik menanggapi fenomena high heels ini.
Berikut adalah tips dari Dr. Rock Positano, direktur pusat operasi untuk kaki dan ankle di New York, seperti dikutip dari Shine:
DO's:
  • Baiknya, membeli high heels dilakukan di sore atau malam hari. Pada saat ini kaki dalam kondisi 'memuai'. Apabila Anda membeli sepatu di pagi hari, maka pada saat memakainya nanti, kaki akan mendapatkan tekanan besar di dalam sepatu di siang hingga malam hari. Tak heran bila kaki Anda terasa sakit dan kurang nyaman.
  • Pilihlah sepatu dengan ukuran yang pas. Akan lebih baik bila sebenarnya sepatu Anda pesan berdasarkan ukuran dan bentuk kaki Anda, sehingga bukan kaki yang mengikuti ukuran sepatu, tetapi sepatu yang mengikuti ukuran kaki. Hampir 90%, wanita juga salah pilih ukuran sepatu, kebanyakan mengalami problem sesak dan terlalu kecil, sehingga berbahaya bagi kaki.
  • Rendamlah kaki di dalam air dingin di malam hari setidaknya 5-10 menit untuk menghilangkan rasa lelah setelah memakai sepatu seharian. Hal ini juga direkomendasikan oleh para ahli untuk membantu mengurangi peradangan di kaki.
  • Disarankan pula agar Anda memilih wedges yang jauh lebih aman untuk ankle Anda. Wedges menopang kaki dengan seimbang sehingga kaki tetap merasa nyaman dan tidak terlalu lelah.
  • Pakailah heels berbahan kulit yang jauh lebih ramah di kaki dan tidak membuat kaki lecet. Bahan kulit juga memiliki pori sehingga mengijinkan kulit kaki untuk tetap bernafas sepanjang menggunakan heels tersebut.
DON'Ts:
  • Tinggi high heels yang ideal digunakan adalah 5-7 cm. Ideal pada postur tubuh baik saat berdiri, berjalan ataupun duduk. Sedangkan heels yang jauh lebih tinggi berpotensi membuat kaki lelah dan cedera.
  • Hindari memilih sepatu dengan ukuran kecil dan ketat karena dapat membuat kaki tertekan dan tidak nyaman. Hal ini juga berbahaya bagi peredaran darah pada kaki.
  • Hindari heels dengan bentuk runcing serta strap yang ketat mengikat kaki. Heels runcing sangat berpotensi membuat Anda jatuh, sedangkan strap membuat peredaran darah kurang lancar.
  • Lecet bukanlah sesuatu yang boleh diabaikan, karena sebenarnya dari lecet inilah muncul cedera kaki lainnya yang berbahaya hingga ke tulang. Baiknya pilih sepatu yang memang nyaman dan terbuat dari bahan berkualitas yang tidak menimbulkan lecet di kaki.
  • Hindari memilih bahan sepatu dari plastik karena tidak memberikan ruangan untuk kulit bernafas. Hal ini akan memicu timbulnya iritasi, problem bau kaki, serta lecet.
Saran saya Oleh karena itu, ladies, pastikan Anda memilih high heels dengan bijak demi penampilan sekaligus kesehatan dan kecantikan Anda.

Sumber : http://www.vemale.com/fashion/tips-and-tricks/22787-ini-penting-buat-yang-doyan-pakai-high-heels.html