Windows Phone vs Android? Windows Phone Juara!

04:19 0 Comments A+ a-

Belakangan ini, smartphone menjadi salah satu gadget yang paling digandrungi di pasaran. Melihat minat konsumen yang begitu besar terhadap perangkat ini, produsen smartphone gencar memperkanalkan produk baru dengan fitur yang tidak ada pada produk sebelumnya. Persaingan tersebut memang membawa dampak positif bagi konsumen terutama mereka yang ingin mendapatkan produk terbaik dengan harga menarik. OS adalah salah satu pendukung utama smartphone. Tanpa sistem operasi, smartphone tidak bisa dioperasikan. Dengan kata lain, OS juga menentukan kualitas dari smartphone itu sendiri. Jika Anda ingin membeli smartphone, Anda juga perlu membandingkan sistem operasi di dalamnya. Android, iOS, dan Windows Phone adalah sistem operasi yang diterapkan untuk smartphone. Bagaimanakah perbandingan antara Android dan Windows Phone 8?
Dilihat dari segi popularitas, Android jauh lebih unggul daripada Windows Phone. Jika dilihat dari market share, presentase Windows Phone memang sangat kecil (hanya sekitar 3%). Perlu diketahui, Android menjadi sistem operasi yang sangat populer karena mudah dioperasikan, didukung banyak aplikasi gratis, dan perkembangannya juga sangat cepat. Android adalah sistem operasi yang cukup user friendly karena mendukug fitur layar sentuh. Hanya dengan menyentuh tombol atau ikon tertentu, pegguna bisa mengakses menu dan fitur Android. Sistem Android juga menjadi primadona karena penggunanya bisa mengakses ribuan aplikasi gratis yang disediakan Google di Play Store. Jika Anda membandingkan Android versi Froyo dan Gingerbread, perbedaan kedua OS tersebut sangat signifikan. Meskipun selisih ‘usia’ kedua sistem operasi tersebut tidak terlalu besar, perkembangannya cukup pesat.
Bagaimana dengan popularitas Windows Phone 8 ? Windows Phone 8 memang belum lama masuk dalam  market smartphone, tetapi perusahaan ini sudah menduduki peringkat teratas untuk sistem operasi bagi PC desktop atau notebook.  Mungkin Windows butuh waktu yang cukup lama untuk menarik minat konsumen dan mendapatkan market share yang lebih tinggi. Tidak seperti Android yang digunakan oleh banyak produsen smartphone terkenal, Windows Phone mungkin bisa dibilang sepi peminat. Nokia Lumia memang mencapai penjualan yang cukup memuaskan, tetapi penjualan tersebut tidak bisa mendongkrak popularitas Windows Phone. Selain itu, penjualan Lumia pun masih jauh di bawah iPhone.
Bagaimana dengan perbandingan fitur antara Android dan Windows Phone? Fitur yang telah dikembangkan dalam Android 4.1 Jelly Bean memang jauh lebih baik dari versi sebelumnya. Sistem operasi untuk smartphone ini juga menyediakan akses bagi penggunanya untuk menikmati hiburan multimedia melalui Google Play. Pengguna Android bisa mendapatkan aplikasi, musik, atau film terbaru sesuai dengan keinginan mereka. Pengguna juga bisa mendapatkan game baik yang gratis maupun berbayar. Windows Phone 8 menawarkan akses untuk menikmati musik melalui Xbox Music. Dibandingkan dengan Google Play, jumlah game untuk pengguna Windows Phone 8 masih sedikit, tetapi pengguna bisa mendapatkan game eksklusif yang tidak bisa ditemukan dengan mudah. Jumlah aplikasi untuk Windows Phone sendiri meamng lebih sedikit dari Android. Windows Phone 8 hanya menyediakan sekitar 100.000 aplikasi dan Android menyediakan lebih dari 600.000 aplikasi untuk penggunanya. Untuk membuat penggunanya tetap terkoneksi satu sama lain, Android juga memberikan integrasi melalui berbagai social media seperti Twitter dan Facebook. Namun, Windows Phone 8 menambahkan LinkedIn dan Windows Live untuk penggunanya.
Sistem operasi manakah yang lebih Anda sukai? Dari segi popularitas, Android memang jauh lebih unggul dari Windows Phone. Dilihat dari fiturnya, kedua sistem operasi tersebut mempunyai keunggulannya masing-masing.
Banyak kalangan orang awam yang bingung dalam hal memilih jalur ponsel yang akan mereka miliki. Tapi kebanyakan orang cenderung berpihak kepada kedua sistem operasi ini, Android dan Windows Phone. Karena kedua sistem operasi tersebut lebih menonjol ketimbang lainnya, baik dalam hal fitur maupun aplikasi yang tersedia.
Jika kita telaah sebentar, Perbedaan Android dan Windows Phone yang pertama dari sisi pembuatnya. Android merupakan sistem operasi yang dinaungi oleh perusahaan ternama berjuluk Google.inc, sedangkan Windows Phone dikembangkan oleh Microsoft. Kedua produsen ini sama-sama tenar dan unggul di banding lainnya. Windows Phone cenderung lebih muda ketimbang Android.
Perbedaan Android dan Windows Phone
Nah, setelah kemunculan Windows Phone yang diusung produsen ternama seperti HTC dan Nokia dengan seri Lumianya, banyak yang berfikir dua kali antara pilih android atau Windows Phone. Oleh karena itu, Tabloid Gadget akan membahas tentang Perbedaan Android dan Windows Phone yang semoga menjadi bahan pertimbangan anda dalam memilihnya,
Android dan windows phone adalah “salah dua” sistem operasi ponsel smartphone yang saat ini menguasai pasar ponsel global. Lihat aja jumlah pengguna ponsel samsung dengan OS android dan nokia lumia dengan windows phone yang meningkat luar binasa. Perbedaan mendasar dari dua  OS ini adalah perusahaan yang mengembangkannya, Android dikembangkan oleh Google.inc dan Windows Phone dikembangkan oleh Microsoft. Selain hal mendasar itu, sebenarnya apa aja sih perbedaan antara kedua OS ini? Let’s check it out guys!
1. Ketersediaan aplikasi
Android : OS ini berbasis linux, so memudahkan penggemar IT atau programmer membuat aplikasi baru karena aplikasi buatan mereka bebas didistribusikan dengan lisensi open source, shareware atau bahkan freeware. Inilah yang membuat ketersediaan aplikasi android begitu banyak dan mampu menembus angka 700.000 apps di bulan November 2012.
Windows Phone : Windows Phone menyediakan Marketplace sebagai tempat mengunduh berbagai aplikasi. Dan menjadi peringkat ke-3 dalam jumlah aplikasi, tetapi aplikasi yang disediakan tergolong sedikit dibanding OS android. Windows Phone hanya mampu menembus angka 100.000 apps di bulan November 2012.
2. Keamanan
Android : Akibat dari open source, banyak juga programmer usil membuat malware yang membuat keamanan OS android terancam. Malware ini bahkan dapat menyebabkan kehilangan seluruh data ponsel. Tapi hal ini dapat dicegah dengan berhati-hati menginstall aplikasi.
Windows Phone : OS satu ini sudah diakui sebagai OS terama. Sampai saat ini belum ada malware yang mampu menembus keamanannya. Tapi dengan melihat pertumbuhan malware yang begitu pesat, ada kemungkinan OS ini bisa dibobol malware baru di kemudian hari.
3. User Interface

Android
: Dengan widget dan layout yang dapat diatur sesuai keinginan pengguna, user interface android  tidak akan membosankan penggunanya. Tapi, harusnya android membuat user interface baru agar lepas dari bayang-bayang iOS :)

Windows
phone : Windows phone memiliki UI yang unik dan jauh berbeda dari Android maupun iOS. Mereka menyebutnya dengan modern UI yang dianggap UI simpel dibanding android.
4. Koneksi
Android : Memiliki kecepatan akses internet yang tinggi. Bisa terkoneksi dengan seluruh layanan google seperti GMail, Google Maps, YouTube, Google+, dll. Notifikasi sms, email maupun jejaring sosial. Dan mudah untuk berbagi data, dengan menggunakan bluetooth maupun kabel data. 

Windows Phone : Memiliki kecepatan internet yang tinggi sama halnya dengan android. Windows Phone memiliki Integrasi yang lebih dalam dengan jejaring sosial karena memberikan notifikasi yang real time. Hal yang kurang menyenangkan dari OS ini adalah saat ingin berbagi data. Windows phone 7 tidak menyediaan fitur bluetooth, sehingga memaksa pengguna mendownload aplikasi baru untuk memungkinkan mengirim foto. Saat ini fitur bluetooth baru disediakan di windows phone 8. Kendala juga terjadi saat kita ingin mentransfer data ke PC, kita juga harus menginstall zune terlebih dahulu agar bisa terkoneksi. Tapi kalo udah terkoneksi, mengintegrasi microsoft office windows phone ke PC sangat mudah. Hal ini gak bisa disangkal, secara pembuatnya perusahaan Microsoft sendiri :)

sumber : http://teknologi.kompasiana.com/gadget/2013/06/24/windows-phone-vs-android-windows-phone-juara--568027.html