Cara Melakukan Sit Up yang Benar

10:32 0 Comments A+ a-

Sit up merupakan salah satu olahraga yang membutuhkan sedikit waktu serta hampir dapat dikerjakan di semua tempat. Kepraktisan dan keefektifitasan dalam membentuk otot perut membuat gerakan situp banyak disukai. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal kita perlu tahu bagaimana cara melakukan situp yang benar. Berikut ini adalah beberapa tips melakukan sit up:

1. Lakukan peregangan dan pemanasan
Olahraga apapun perlu peregangan dan pemanasan untuk mengurangi resiko cedera. Regangkan sendi-sendi serta lakukan beberapa gerakan pemanasan untuk meningkatkan suhu tubuh.

2. Siapkan alas yang nyaman.
Alas yang tidak terlalu empuk namun tidak terlalu keras mencegah cedera pada tulang punggung sekaligus membuat nyaman saat melakukan gerakan sit up.

3. Berbaringlah di alas yang telah disediakan kemudian tekuk kaki membentuk sudut 90 derajat dengan telapak kaki tetap menyentuh lantai.

4. Letakan tangan di belakang kepala kemudian angkat badan mendekati lutut. Ada yang menyarankan hanya mengangkat kepala sedikit saja sampai terbentuk sudut 30 derajat ada juga yang menyarankan hingga badan hampir tegak lurus terhadap lantai.

5. Pengaturan nafas
Pernafasan juga memengang peranan penting karena jika salah sit up akan lebih sulit dilakukan. Saat badan dinaikan buanglah napas, sebaliknya saat tubuh turun tarik nafas.

6. Evaluasi
Usahakan agar kecepatan naik dan turun sama. Jika terdapat rasa sakit dan tekanan selain di perut segera hentikan karena kemungkinan sit up yang dilakukan masih kurang benar.

Itulah beberapa tips cara melakukan Sit Up yang Benar. Sit up dapat dilakukan setiap hari karena otot perut cukup kuat untuk dilatih setiap hari. Namun demikian tetap harus tidak berlebihan. Sit up yang berlebihan justru dapat mengurangi efektifitasnya bahkan dapat menyebabkan cedera tulang punggung. Jangan memaksakan diri, bagi pemula cukup 5-10 kali per sesi kemudian bisa ditingkatkan secara bertahap. Ada baiknya untuk mengkombinasikan sit up dengan gerakan lain agar bagian tubuh yang lain juga terlatih.

sumber : http://www.artikelkesehatand.com/2013/12/cara-melakukan-sit-up-yang-benar.html