Kaki Sering Kesemutan ? Berbahayakah ?

10:31 0 Comments A+ a-

Apakah Anda suka merasakan kaki sering kesemutan? Tentunya ini menyebabkan timbulnya pertanyaan dalam benak Anda apa yang sebenarnya terjadi. Tahukan Anda mengapa bisa terjadi kesemutan? Pada umumnya kesemutan muncul dikarenakan duduk atau tidur terlalu lama pada posisi yang tidak berubah alias sama. Kesemutan terjadi karena dipengaruhi oleh system saraf sensorik yang mengalami gangguan sehingga menyebabkan keadaan salah satu organ tubuh seperti mati rasa.


Cara kerja system saraf sensorik kurang lebih seperti ini: tekanan atau sentuhan yang diterima oleh kulit diteruskan menuju ke saraf tepi. Signal yang diteruskan ke saraf tepi itu lalu masuk ke dalam susunan saraf pusat yang letaknya berada di sumsum tulang belakang. Dari sana stimulus yang berupa tekanan atau sentuhan dilanjutkan menuju thamulus, yaitu pusat penyebaran utama impuls sensoris. Setelah melewati beberapa tahapan itu, kemudian signal dikirim menuju ke otak. Karena ada bagian tubuh yang terlalu lama ditekuk, akhirnya terjadilah gangguan. Gangguan itu berupa terhambatnya aliran darah. Hal itu menyebabkan otak tidk bisa menerima signal yang dikirimkan secara sempurna sehingga timbullah sebuah rasa yang sering kita sebut sebagai kesemutan atau bahkan bisa mencapai ahap mati rasa.

Kesemutan sering dianggap merupakan gejala yang biasa saja dan tidak berbahaya. Akan tetapi, kenyatannya kesemutan bisa saja menjadi hal yang berbahaya. Apabila terlalu sering mengalami kesemutan hal yang tidak diinginkan bisa saja terjadi. Terlebih lagi jika kaki sering kesemutan tiba-tiba terjadi padahal tidak duduk atau tidur pada posisi yang tidak berubah a dalam waktu yang relatif lama. Jika mengalami hal yang demikian, bisa jadi patut diwaspadai. Bisa saja itu merupakan sebuah tanda bahwa Anda mengalami sebuah penyakit yang cukup serius. Mengapa bisa demikian? Jika yang terganggu adalah saraf sensorik seperti yang sudah dijelaskan di atas, itu masih bisa dibilang normal-normal saja. Akan tetapi apabila yang terganggu adalah saraf motorik, hal itu bisa saja menyebabkan terjadinya kelumpuhan pada diri Anda. Terganggunya saraf motorik bisa menyebabkan kelumpuhan.

Beberapa jenis penyakit yang diawali dengan sering kesemutan adalah gagal ginjal, diabetes, jantung, hingga stroke. Apabila kaki sering kesemutan dalam waktu yang terlalu sering, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter.

sumber : http://www.artikelkesehatand.com/2013/11/kaki-sering-kesemutan-berbahayakah.html