Manfaat Push Up Setiap Hari

10:34 0 Comments A+ a-

Bagi sebagian orang meluangkan waktu untuk mengunjungi tempat olahraga sangat menyita waktu, belum lagi ongkos perjalanan, pembelian peralatan dan sewa tempat. Itu sebabnya olahraga push up, sit up, pull up, squat dan sejenisnya tetap memiliki penggemar setia. Push up adalah salah satu gerakan yang memiliki banyak manfaat. Berikut ini adalah beberapa manfaat push up apabila dilakukan secara rutin setiap hari

Peningkatan kekuatan otot inti tubuh

Saat melakukan push up kita dituntut untuk menjaga agar tulang belakang tetap lurus. Saat terjadi gerakan naik turun terjadi perubahan beban termasuk pada otot-otot disekitar tulang belakang dan perut. Otot yang banyak terpengaruh saat push up terutama abdominus rektus dan transversus abdominis.

Peningkatan massa tulang


Massa tulang secara alami menurun seiring dengan usia setelah mencapai puncaknya pada sekitar umur 30an tahun . Jika dibiarkan keropos tulang ini dapat menyebabkan osteoporosis , suatu kondisi medis yang ditandai dengan tulang lemah yang rentan terhadap cedera atau patah tulang . Melakukan latihan menahan beban seperti push-up akan memperkuat tulang disekitar pergelangan, lengan, siku, lengan atas dan bahu.

Manfaat Push up untuk meningkatkan metabolisme


Saat push up terjadi penggunaan otot dalam intensitas besar dalam waktu yang bersamaan terutama pada lengan, perut dan kaki. Penggunaan sejumlah besar otot ini mendorong jantung memompa darah ke bagian-bagian tersebut. Pernapasan juga meningkat agar kebutuhan oksigen tercukupi. Satu atau dua set push up yang terdiri dari 10-30 repetisi akan meningkatkan metabolisme pada saat dilakukan dan sesudah dilakukan yang berkontribusi terhadap penurunann berat pada berat badan berlebihan.

Meningkatkan hormon pertumbuhan HGH


Push up meningkatkan hormon pertumbuhan HGH dalam tubuh. Tubuh kita memproduksi hormon ini dalam jumlah besar pada saat masih muda dan menurun seiring dengan pertambahan usia. HGH membantu pertumbuhan otot, meningkatkan kemampuan atletik, menurunkan lemak tubuh dan meningkatkan massa tulang.

Dengan banyaknya manfaat melakukan push up setiap hari diharapkan kita bisa semakin bersemangat push up secara rutin.

sumber : http://www.artikelkesehatand.com/2013/12/manfaat-push-up-setiap-hari.html