Makan tomat ternyata bisa tingkatkan kesuburan pria!

20:49 0 Comments A+ a-

Bicara tentang meningkatkan kesuburan, pasti tak banyak orang yang memikirkan tomat. Padahal penelitian terbaru mengungkap bahwa tomat ternyata bisa meningkatkan kesuburan dan jumlah sperma hingga 70 persen.

Ini disebabkan karena adanya nutrisi penting dalam kulit tomat, yaitu lycopene. Lycopene adalah nutrisi yang memberikan warna merah pada tomat. Nutrisi ini terbukti bisa meningkatkan kesuburan dan jumlah sperma pada pria. Sebelumnya penelitian telah menunjukkan bahwa memberikan suplemen lycopene pada pria akan meningkatkan kemungkinan pembuahan.

"Kami sangat positif dengan penemuan ini. Seringkali masalah kesuburan dikaitkan dengan wanita karena mereka yang mengandung. Namun kebanyakan juga disebabkan oleh fungsi dan kualitas sperma yang tidak maksimal," ungkap peneliti, seperti dilansir oleh Daily Mail (06/05).

Hasil ini didapatkan peneliti setelah mereka mengamati 12 penelitian yang dilakukan di seluruh dunia. Penelitian tersebut menunjukkan bahwa lycopene bisa meningkatkan kualitas dan kuantitas sperma serta mengurangi jumlah sperma yang tidak normal.

Penelitian lainnya juga menunjukkan bahwa nutrisi pada tomat tersebut bisa menurunkan risiko terkena penyakit pada prostat, kelenjar yang memproduksi sperma, dan menurunkan risiko terkena kanker prostat. Saat ini peneliti tengah melakukan percobaan untuk melihat apakah suplemen lycopene bisa membantu pria menjadi lebih subur.

Meski begitu peneliti menyebutkan bahwa mereka perlu melakukan penelitian dan percobaan yang lebih besar untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Untuk saat ini rasanya tak ada salahnya jika para pria lebih rajin makan tomat untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas sperma mereka.

sumber : http://www.merdeka.com/sehat/makan-tomat-ternyata-bisa-tingkatkan-kesuburan-pria.html