1. TINJAUAN KONSEP ILMU BUDAYA DASAR

08:03 0 Comments A+ a-

 

Ilmu budaya dasar sangat berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Karena konsep ilmu budaya dasar mencakup masalah antara manusia dengan kebudayaannya. Dan factor yang menyebabkan terhambatnya konsep ilmu budaya dasar dalam kehidupan sehari-hari ialah dari system pendidikan nasional. Tetapi kali ini saya tidak akan membahas mengenai system pendidikan nasional tetapi bagaimana konsep ilmu budaya dasar dalam kehidupan sehari-hari.

Sebenarnya konsep ilmu budaya dasar sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Dan dengan adanya konsep ilmu budaya dasa diharapkan mampu memberikan latar belakang mahasiswa untuk mendalami kebudayaan Indonesia. Sebagai contohnya ketika saya menemui beberapa segerombolan remaja yang sedang asyik membicarakan konser justin bieber. Dengan antusias mereka membicarakan justtin dan berniat untuk datang ke konser tersebut. Sungguh miris rasanya, ketika banyak generasi muda yang lebih mencintai music luar negri. Jika diadakan pertunjukkan wayang atau ludruk, pastinya banyak yang enggan untuk datang. Ini bisa terlihat bahwa rendahnya minat generasi muda yang kurang begitu menyenangi wayang. Ini disebabkan karena banyaknya music-musik luar negri yang tampil lebih fresh dan easy listening dibandingkan dengan pertunjukkan wayang yang monoton dan membosankan.

Karena itulah, dibutuhkan ide-ide, inovasi terbaru untuk perkembangan konsep ilmu budaya dasar. Karena yang saya lihat selama ini, konsep ilmu budaya dasar kurang mengena dalam kehidupan sehari-hari apalagi dikalangan mahasiswa/i. alangkah baiknya memberikan pemahaman kepada semua kalangan khususnya kepada mahasiswa/I dengan cara yang menarik dan inovatif sehingga membuat mereka tertarik sehingga dengan mereka tertarik, mereka akan mempelajarinya bahkan mengaplikasikannya kedalam kehidupan sehari-hari.

Selain contoh sederhana diatas, contoh lain ialah ketika adanya lomba debat anatr universitas. Melihat dari banyaknya universitas yang ikut membuat panitia kewalahan menangani peserta debat. Debat pu dimulai dan kali ini topic yang dibahas ialah BBM bersubsidi dan non subsidi. Para peserta megikuti debat dengan penuh semagat, hingga akhirnya tersisalah 2 universitas untuk diadu ke babak final. Dan dibabak final temanya pun berbeda dengan babak semifinal ataupun penyisihan yaitu NII . debat pun dimulai, para peserta saling memberikan argument pro dan kontra hingga akhirnya didapat 1 pemenang yaitu universitas gunadarma.

Contoh tadi sudah sedikit banyk menjelaskan bagaimana tujuan dari konsep ilmu budya dasar sering dipakai dalam kegiatan yang positif yaitu debat. Karena seperti yang telah diketahui sebelumnya bahwa salah satu tujuan konsep ilmu budaya dasar ialah mengusahakan komunikasi dialog anta mahasiswa, dan itu sudah sering dilakukan.

Untuk itu, marilah kita sebagai generasi muda untuk bisa mengaplikasikan konsep ilmu budaya dasar dalam kehidupan sehari-hari seperti contoh diatas yaitu mengikuti wahan komunikasi dialog antar mahasiswa seperti debat dan lebih mencari atau menggali lebih dalam lagi mengenai konsep ilmu budaya dasar agar kita selain bisa mempunyai latar belakang sebagai bangsa yang kaya akan budaya, tetapi bisa lebih mengetahui bahwa ketika kita mempunyai pengetahuan yang cukup luas kita akan bisa mengembangkan konsep ilmu budaya dasar dengan lebih kreatif, inovatif dan modern.